Posted by : Niam Tamami February 13, 2016

blognitbot.com

Komunikasi wireless seringkali dibutuhkan dalam bidang keilmuan elektronika. Contohnya saja disaat kita ingin membuat sistem pembacaan sensor suhu secara wireless yang ditampilkan lewat komputer, android atau keperluan lain. Kali ini yang dibahas adalah komunikasi dengan menggunakan XBee. Kenapa menggunakan XBee? Karena modul ini dapat di interface cukup mudah, bisa digunakan komunikasi point to point maupun multipoint.
Sebagai bahan percobaan, kali ini dibuat sistem monitoring suhu trafo. Jumlah trafo yang dimonitoring berjumlah 5. Alat monitoring suhu trafo ini menggunakan sistem wireless dengan 5 XBee yang dilengkapi dengan sensor temperature (yang selanjutnya disebut "XBee client") dan 1 XBee sebagai pengepul data yang ditampilkan ke PC (yang selanjutnya disebut "XBee server"). Xbee client bertugas mengirimkan data pembacaan suhu ke XBee server yang selanjutnya di tampilkan di PC. Berikut ini adalah gambar perancangan dari sistem yang dibuat,

Pada gambar di atas, gambar garis tidak terputus merupakan koneksi dengan kabel, sedangkan garis putus merupakan koneksi wireless. Sensor suhu terkoneksi pada analog input XBee, sedangkan XBee ke komputer menggunakan RS 232 serial TTL.
Konfigurasi pin yang digunakan pada XBee client adalah sebagai berikut,
Vcc 5 Volt | XBee pin nomor 1
Ground     | XBee pin nomor 10
VRef       | XBee pin nomor 14
ADC1       | XBee pin nomor 19

Sementara ini dulu, nanti diteruskan di tutorial part 2 dan 3

by Safik Dwi Nova, edited by Ni'am Tamami

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Entri Populer

tweet

- Copyright © 2013 blog.nitbot.com -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -