Posted by : Niam Tamami December 08, 2015

blognitbot.com


Berikut ini adalah tutorial pengembangan nitbotIoT, an opensource smarthome platform, silahkan cek iot.nitbot.com.


1. Silahkan buat account di github.com
2. Jika account github.com sudah di buat,  konfirmasi ke tim iot.nitbot.com dengan mengirimkan pesan lewat aplikasi Telegram Android ke nomor +6285733316323 bahwa account telah dibuat.
3. Tunggu hingga admin menautkan account github.com mu dengan repository iot.nitbot.com
4. Download aplikasi github.com untuk Windows, atau bisa juga menggunakan Linux jika sudah advanced
5. Clone repository (duplikasi repository di komputer sendiri) iot.nitbot.com lewat aplikasi github.com, lalu coba tambahkan kode program yang kurang, penting : sertakan komentar untuk penjelasan program, agar program bisa lebih mudah difahami oleh pengembang yang lain.
6. Commit ke repository iot.nitbot.com lewat aplikasi github.com (setelah melakukan perbaikan program, upload program yang telah diperbaiki dengan aplikasi github.com).


Beberapa tools yang bisa kita pakai untuk mengembangkan nitbot-iot dengan lebih mudah, tanpa harus banyak memprogram,
1. http://www.layoutit.com/ (digunakan untuk membangun template web dengan cara menarik-narik objek saja, contoh hasilnya bisa di lihat seperti webnya iot.nitbot.com).
2. DO Button by IFTTT , kita bisa menggunakan button ini untuk mengontrol perangkat IoT kita dengan memanfaatkan channel "maker" untuk request http.




3. https://www.hurl.it/ , untuk tes http request
4. Jika ingin mengembangkan aplikasi android dengan gampang, kita bisa menggunakan http://ai2.appinventor.mit.edu/ (menggunakan pemrograman grafis) tanpa harus sulit sulit memprogram dengan android studio.
5. Jika ingin membangun web sendiri dan domain bisa menggunakan Web Hosting untuk versi web gratis, dan masterweb.com untuk yang berbayar dengan kualitas terpercaya dan murah
6. Jika ingin membangun server, berikut ini ada link VPS gratis dari koding.com.
7. Jika ingin membuat API untuk server web kita sendiri, kita bisa menggunakan https://apiary.io/ untuk membuat API sendiri, contohnya seperti API milik geeknesia.com

"tutorial ini akan dikembangkan secara berkala di http://www.blognitbot.com/2015/12/tutorial-pengembangan-nitbot-iot.html.

Cek perkembangan nitbot-iot di iot.nitbot.com ".

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Entri Populer

tweet

- Copyright © 2013 blog.nitbot.com -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -