Posted by : Niam Tamami October 31, 2015

blognitbot.com

Aplikasi ini dibuat untuk mengikuti kontes Internet Of Things Innovation Challenge yang diselenggarakan dicoding.com, geeknesia.com, dan sponsor utama yaitu INTEL indonesia. Tema dasar yang diambil adalah smart home, dimana pada aplikasi ini dibuatkan sebuah panel intel galileo gen 2 yang diprogram untuk dapat mengontrol on off peralatan listrik dan terkoneksi internet dengan data dari server geeknesia.com sehingga dapat dilakukan mekanisme kontrol dan monitoring jarak jauh pada peralatan tersebut. Ide ini muncul karena timbul sebuah pertanyaan dari saya, "mengapa yang mampu menggunakan sistem IoT ini hanya orang-orang yang "geek" (senang nguprek, mahasiswa dst), apakah orang orang yang lain yang ingin menikmati teknologi ini harus ribet melakukan desain rangkaian, programming dst. Harapan saya kedepannya panel ini akan saya kembangkan untuk pengembangan perangkat "OpenSource" cerdas IoT untuk sistem smart home sehingga semua orang dapat menikmati teknologi ini. :)

 

Spesifikasi Teknis

  • Hardware Programming : menggunakan kombinasi arduino, python.
  • Koneksi Internet : menggunakan http get dengan server geeknesia.com.
  • User Interface : menggunakan bootstrap - javascript (aplikasi dapat di lihat di http://iot.nitbot.com/app atau bisa juga bila ingin melihat dokumentasi video dll bisa membuka url http://iot.nitbot.com/)

Keuntungan

  • Device yang akan di kontrol tinggal ditancapkan pada panel utama dengan range pengontrollan tidak terbatas, yang penting terdapat koneksi internet.
  • User Interface lebih fleksibel untuk dapat digunakan di multi OS, misal android, windows phone, blackberry, Windows, MacOS, Linux


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Entri Populer

tweet

- Copyright © 2013 blog.nitbot.com -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -