Posted by : Niam Tamami October 24, 2009

Perang vs Virus -=cegah virus nempel Fdisk=-
matikan fungsi autorun, lawan file dengan folder
Kesal biasanya ketika setelah nancapkan fdisk di komputer tiba-tiba setelah direstart ada hal hal yang malfunction pada system. Ntah itu tulisan gak jelas yang tiba-tiba muncul di login screen. Trus fungsi search, cmd, msconfig gak bisa digunakan. apesnya lagi Folder Option di Explorer hilang. Itu tandanya komputermu terINJEKSI VIRUS.
Nah gimana cara mencegahnya?

1. matikan fungsi autorun pada komputer maupun fdisk.
ini berfungsi agar komputer tidak secara otomatis menjalankan program milik virus.
caranya :
lewat gpedit.msc
a. ketikan gpedit.msc pada run [OK]
b. Pilih Computer Configuration > Administrative Template dan klik System
c. Di panel Settings, klik kanan Turn off Autoplay dan klik Properties ( di windows 2000, namanya Disable Autoplay)
d. Klik Enabled kemudian pilih All drives di box Turn off Autoplay untuk mematikan fasilitas autorun di semua drive
e. Klik OK, dan tutup window dialog tersebut
f. Restart Komputer

lewat Regedit
a. ketikan regedit pada run [OK]
b. HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Cdrom
c. Cari value “Autorun” (kalau tidak ada maka buat aja sebuah DWORD value) dan set ke “0″ (Zero).
d. Kemudian kita harus mematikan autorun pada Windows Policy, browse ke
HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
e. Cari entry NoDriveTypeAutoRun bila tidak ada maka buat sebuah DWORD value. Isi nilai dari NoDriveTypeAutoRun menjadi “ff”.

Note:

Selain di HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, user dapat juga menambah NoDriveTypeAutoRun di HKLU\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, hanya saja ini berarti setting ini hanya untuk user yang sekarang login saja. (saran saya sebaiknya tambahkan di keduanya)

lewat fdisik :

cegah autorun.inf masuk :
a. buat folder dengan nama autorun.inf dengan atribut system n hidden
b. buka cmd kemudian ketikan md\\.(lokasi folder autorun.inf)\autorun.inf\con, lalu md\\.(lokasi folder autorun.inf)\autorun.inf\aux dan yang terakhir md\\.(lokasi folder autorun.inf)\autorun.inf\nul
contohnya gini, md\\.f:\autorun.inf\con (folder autorun.inf nya di drive f

dengan menggunakan proteksi folder char ascii
a. buat folder, namai dengan cara menekan alt dan kombinasi 3 angka pada keyboard number misal : alt + 999
b. masukan semua file penting ke folder tersebut, biasanya yang paling rawan file ekstensi exe dan doc

2. Gunakan Linux, microsoft banyak cacatnya ^_^d

artikel lain

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Entri Populer

tweet

- Copyright © 2013 blog.nitbot.com -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -